Hubungan Antarmahluk Hidup

Hubungan antara dua mahluk hidup disebut simbiosis. Simbiosis terdiri atas tiga jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis paratisme.

1.Simbiosi Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan saling menguntukan antara dua mahluk hidup.

Contoh:

  • Hubungan antara burung jalak dengan kerbau. Burung jalak mencari makan dari tubuh kerbau berupa kutu kerbau. Kerbau pun merasa diuntungkan karena kutu yang mengganggu tubuhnya dimakan burung jalak.
  • Lebah dengan bunga, sedangakan lebah membantu penyerbukan bunga

2.Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua mahluk hidup yang satu diuntungkan dan yang lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan

contoh:

  • Anggrek dan paku sarang yang menempel pada pohon lain, tetapi tidak mengambil apapun dari pohon yang ditumpanginya karena anggrek dan paku sarang dapat membuat makanannya sendiri.
  • Ikan Hiu dengan ikan remora. Ikan remora memperoleh sisa-sisa makanan dari ikan hiu, sedangkan ikan hiu tidak diuntungkan ataupun dirugikan.

3.Simbiosis parasitisme

Simbosis parasitisme adalah hubungan antara dua mahluk hidup, yang satu dirugikan yang satu diuntungkan dan yang lain dirugikan.

Contoh:

  • Benalu yang menempel pada pohon lain. benalu mengisap makanan dari pohon yang ditumpanginya sehingga pohon yang ditumpangi sehingga pohon tersebut dapat mati
  • Tali putri dengan tanaman inangnya. Tali putri mengisap makanan dari tanaman inangnya. Jika tali putri terus menerus mengisap dari tanaman inangnya, maka tanaman inang akan mati.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s